Dapatkan kiriman artikel Menarik terbaru Dari Blog TTC langsung ke email anda!


MUSIK

Kamis, 08 Januari 2009

Kalo ngomongin soal Musik, syapa sih yang gak suka sama SENI yang satu ini. Termasuk saya juga suka sama SENI yang satu ini. Ibarat kata nih, Hidup tanpa music bagai sayur tanpa garam, bagai pisang goreng tanpa sambal, hehe.

Lebih baik kita gak usah berpanjang lebar lagi. Langsung ajah saya mau menjelaskan apa yang saya ketahui dari SENI MUSIK.

Kata music dalam bahasa indonedia berasal dari bahasa yunani ‘musica’ yang berarti seni suara termasuk seni syair. Kata musikus dari kata musicus yang berarti ahli music atau ahli seni suara. Pada awal perkembangannya di Indonesia, waktu sifat nasionalisme Indonesia lebih kuat, banyak orang mempergunakan istilah seni suara. Kemudian dalam upaya mengembangkan bahasa Indonesia yang memerlukan istilah yang lebih tepat dan mudah dipahami, orang makin banyak mempergunakan istilah seni music.

Seni merupakan merupakan seni yang sangat abstrak. Dari seniman penciptanya dikeluarkan perasaannya oleh pelaksananya diubah, dan oleh pendengarnya diartikan yang masing-masing maksudnya berbeda-beda, kadang perbedaannya jauh sekali. Karena itu seni music sulit didefinisikan, sehingga sampai sekarang ketentuannya sulit diperoleh. Namun yang pasti adalah, bahwa seni music merupakan salah satu cabang kesenian yang sifatnya audual, yaitu seni dapat dinikmati dengan indra pendengaran sehingga seni music merupakan salah satu unsur penting dalam usaha manusia memperoleh seni yang lengkap secara audio-visual.

Dalam seni sastra lama, manusia sering mengartikan bahwa burung bernyanyi atau bersiul seperti yang dilakukan oleh manusia sebagai pencipta seni. Hal demikian hanyalah penafsiran manusia saja yang bersifat personifikasi. Burung bernyanyi atau bersiul bukan sebagai hasil karya seni, melainkan sebagai sesuatu yang sifatanya naluriah saja. Mahluk hidup yang tingkatannya lebih rendah dari manusia dan termasuk hewan tersebut berbunyi yang diartikan oleh manusia sebagai menyanyi atau bersiul, dilakukan bukan karena rasa seninya melainkan naluriah saja, dengan cara tersebut binatang itu dapat menarik lawan jenisnya untuk mengembangkan keturunannya. Sijantan bernyanyi dengan merdunya untuk menarik perhatian si betina yang biasanya menyahuti dengan suara yang kurang merdu. Mereka saling mendekat untuk kemudian kawin dan akhirnya bertelur yang akan menjadi keturunannya.

Dalam music ada beberapa unsur yaitu :

- Nada

- Ritme

- Melodi

- Harmoni

- Notasi

Berikut dibawah adalah beberapa pengertiannya ;

NADA

Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekwensinya ataupun menurut jarak relative tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patolan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paliung lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonic.

RITME

Ritme adalah pengaturan bunyi pada waktu, birama merupakan pembagian kelompok ketentuan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat dieksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).

MELODI

Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

HARMONI

Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga nada atau lebih nada yang dinyanyikan bersamaan biasanya disebut akord.

NOTASI

Notasi music merupakan penggambaran music atas music. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertical, sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horizontal. Kedua unsure tersebut membentuk para nada, disamping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.



Continue Reading | komentar (1)

Daftar Artikel Terbaru

Artikel Populer

Komentar Terbaru

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. THE TACITURN "ISWANDY ILYAS" - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger