Dapatkan kiriman artikel Menarik terbaru Dari Blog TTC langsung ke email anda!


Semoga Bermanfaat bagi Kita Semua, Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb

Sabtu, 06 Juni 2009

Oleh Gusti Prabu Sonokeling
Di sonokeling.wordpress.com



Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi

Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan STNK ?
Sopir (Sop) : Baik Pak.
P : Mas tau kesalahannya apa ?
Sop : Gak Pak.P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat nomor taksi yang memang gak standar) sambil langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku tilang, lalu menulis dengan sigap.
Sop : Pak jangan ditilang deh. Wong plat aslinya udah gak tau ilang kemana. Kalo ada pasti saya pasang.

P : Sudah saya tilang saja. Kamu tau gak banyak mobil curian sekarang ? (dengan nada keras !!)
Sop : (Dengan nada keras juga) Kok gitu ! Taksi saya kan ada STNKnya Pak. Ini kan bukan mobil curian!

P : Kamu itu kalo dibilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas). Kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna MERAH).
Sop : Maaf, Pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya. Saya mau yang warna BIRU aja.

P : Hey ! (dengan nada tinggi), kamu tahu gak sudah 10 hari ini form biru itu gak berlaku !
Sop : Sejak kapan Pak form BIRU surat tilang gak berlaku ?

P : Ini kan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU. Dulu kamu bisa minta form BIRU, tapi sekarang ini kamu gak bisa. Kalo kamu gak mau, ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan ngotot)
Sop : Baik Pak, kita ke komandan Bapak aja sekalian (dengan nada nantangin tuh polisi)

Dalam hati saya, berani betul sopir taksi ini.
P : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas ?
Sop : Siapa yang melawan ? Saya kan cuman minta form BIRU. Bapak kan yang gak mau ngasih

P : Kamu jangan macam-macam yah. Saya bisa kenakan pasal melawan petugas !
Sop : Saya gak melawan ? Kenapa Bapak bilang form BIRU udah gak berlaku? Gini aja Pak, saya foto bapak aja deh. Kan bapak yang bilang form BIRU gak berlaku (sambil ngambil HP)

Wah … wah …. hebat betul nih sopir ! Berani, cerdas dan trendy. Terbukti dia mengeluarkan HPnya yang ada kamera.
P : Hey ! Kamu bukan wartawan kan ? Kalo kamu foto saya, saya bisa kandangin (sambil berlalu).
Kemudian si sopir taksi itu pun mengejar polisi itu dan sudah siap melepaskan shoot pertama (tiba-tiba dihalau oleh seorang anggota polisi lagi)

P 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas sepeti itu.
Sop : Si Bapak itu yang bilang form BIRU gak bisa dikasih (sambil tunjuk polisi yang menilangnya)

Lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang menilang tadi. Ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi yang menghalau si sopir dan polisi yang menilang. Akhirnya polisi yang menghalau tadi menghampiri si sopir taksi.

P 2 : Mas, mana surat tilang yang merahnya? (sambil meminta)
Sop: Gak sama saya Pak. Masih sama temen Bapak tuh (polisi ke 2 memanggil polisi yang menilang)
P : Sini, tak kasih surat yang biru (dengan nada kesal)
Lalu polisi yang nilang tadi menulis nominal denda sebesar Rp.30.600 sambil berkata : Nih kamu bayar sekarang ke BRI ! Lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini. Saya tunggu.
S : (Yes !!) OK Pak ! Gitu dong, kalo gini dari tadi kan enak.

Kemudian si sopir taksi segera menjalankan kembali taksinya sambil berkata pada saya, : Pak, maaf kita ke ATM sebentar ya. Mau transfer uang tilang. Saya berkata : “Ya, silakan.”

Sopir taksipun langsung ke ATM sambil berkata, “Hatiku senang banget Pak, walaupun ditilang, bisa ngasih pelajaran berharga ke polisi itu. Untung saya paham macam-macam surat tilang.

Tambahnya, : “Pak kalo ditilang kita berhak minta form biru, gak perlu nunggu 2 minggu untuk sidang. Jangan pernah pikir mau ngasih DUIT DAMAI! Mending bayar mahal ke negara sekalian daripada buat oknum.

Dari obrolan dengan sopir taksi tersebut dapat saya infokan ke Anda sebagai berikut :

SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat. Itu pun di pengadilan nanti masihbanyak calo, antrian panjang dan oknum pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilai tilang (sudah jadi semacam sindikat dg oknum-oknum polisi). Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di kejaksaan setempat. Disini pun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang..

SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak salah norek Bank BUMN).

Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk ditukar dengan SIM/STNK kita di Kapolsek terdekat di mana kita ditilang. You know what ? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya tidak melebihi 50 ribu! dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA.
.
Continue Reading | komentar (19)

Nekat, Menyelundupkan 14 Burung Langka Di Dalam Celana

Oleh Wawan Setiawan
Di www.siwawan.com



Benar-benar nekat apa yang dilakukan oleh Sony Dong. Petugas bandara Los Angeles, Amerika Serikat menangkap Sony ketika ia baru datang dari vietnam. Penangkapan bermula ketika petugas bandara curiga dari bagian dalam celana panjang longgar yang dikenakan Sony Dong, berjatuhan bulu-bulu burung. Setelah diperiksa, ternyata lelaki berusia 46 tahun itu, berusaha menyelundupkan empat belas jenis burung Asia di dalam kaus kakinya!

Polisi Los Angeles menemukan 3 burung bul-bul merah, 4 jenis burung gagak, serta 6 burung murai. Dong mengakui, burung-burung tersebut bila dijual di AS akan dihargai sangat mahal. Benar-benar nekat. demi uang, orang nekat melakukan apa saja :)
.
Continue Reading | komentar (8)

Macam-macam khas Serambi Mekah

Rabu, 03 Juni 2009

Oleh Media Tanah Air
Di www.mediaindonesia.com


Puas menikmati tempat-tempat wisata di Banda Aceh, jangan lupa mampir ke sentra-sentra industri kecil dan kerajinan. Banyak barang unik khas Aceh yang layak dijadikan oleh-oleh. Ada sekitar 30 tempat penjualan kerajinan di ibu kota provinsi itu. Masing-masing sentra kerajinan memfokuskan pada salah satu atau lebih barang produksinya.
Misalnya ada daerah yang fokus pada kerajinan tas dan peci motif Aceh atau aneka produk batang kelapa. Ada juga yang menyediakan pelaminan khas Aceh. Soal harga sangat tergantung kepandaian Anda menawar.

Bagi Anda yang menyukai tenunan khas Aceh, bisa mampir di sentra tenun adat di Desa Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Di sentra kerajinan tenun ini bisa juga diperoleh aneka jenis oleh-oleh lain seperti kopi, abon ikan, dendeng, kerupuk kulit, aneka ikan kering, dodol, keukasah, sirup, dsb.

Tetapi, kalau Anda lebih tertarik pada baju bordiran Aceh, bisa mendatangi pusat industri kecil di Kecamatan Banda Aceh, Baiturrahman, Meuraksa, dan Syiah Kuala. Umumnya motif bordiran yang ditawarkan adalah pintu Aceh dan bungong jeumpa (bunga cempaka), bunga khas Aceh.
.
Continue Reading | komentar (4)

Kayu Lukis, Unik dan Bernilai Seni Tinggi

Oleh Agni Rahadyanti
Di Harian Kompas

Jangan remehkan kegemaran mencoret-coret. Dengan ketekunan, ketelatenan, dan pengasahan cita rasa, kegemaran ini bisa menghasilkan karya seni yang indah. Berbagai jenis kerajinan kayu lukis yang bernilai ekonomis cukup tinggi, misalnya, lahir dari kegiatan melukis yang pada dasarnya bisa dilakukan semua orang. Di Barokah's Art & Craft, aneka bentuk kerajinan kayu lukis seperti boneka, kotak perhiasan, asbak, tempat tusuk gigi, mangkuk, topeng, sampai patung diproduksi setiap hari. Perintis Barokah's Art & Craft yang ada di Dusun Ngipiksari, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Ahmad Barokah (35) mengungkapkan, bermacam kerajinan tersebut menggunakan kayu mahoni dan kayu jati sebagai bahan baku.
Proses pembuatan sendiri relatif panjang. "Limbah kayu berdiameter delapan sampai 15 sentimeter dipotong terlebih dahulu, lalu dikupas kulitnya. Setelah potongan kayu dibentuk memakai mesin bubut, dilakukan proses pendempulan untuk menutup pori-pori kayu," kata Ahmad menjelaskan tahap awal pembuatan kerajinan kayu lukis.

Setelah melalui proses pendempulan, dengan kuas-kuas, para perajin mulai melukis di kayu-kayu tersebut. Cat yang digunakan umumnya cat tembok dan arkelik. "Untuk menghasilkan lukisan yang sempurna memang dibutuhkan ketelatenan dan keterampilan khusus," ungkap Ahmad. Kerajinan kayu yang sudah dilukis itu kemudian memasuki tahap finishing sebelum siap dipasarkan. Harga jual produk pun beragam, mulai dari Rp 5.000 sampai jutaan rupiah.

Untuk motif, Ahmad banyak menggunakan motif tradisional dan alam pada produk-produknya. "Untuk motif tradisional, kami banyak melukis wayang. Sedangkan untuk motif bernuansa alam, kami lukis bunga dan dedaunan dengan warna-warna cerah. Di luar kedua jenis motif tersebut kami juga melayani motif sesuai permintaan konsumen," tutur Ahmad sambil menunjukkan sebuah kerajinan berbentuk sepatu dengan motif kincir angin pesanan dari Belanda.

Produk-produk Barokah's Art & Craft sendiri sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Batam, dan Bandung. Untuk pasar luar negeri, produk mereka banyak dipesan Korea, Jepang, dan Singapura.

Saat ini setiap minggu Ahmad dan 17 tenaga kerjanya memproduksi sedikitnya 200 buah kerajinan dalam berbagai bentuk. Ahmad menambahkan, secara kuantitas, produksi memang menurun dibandingkan dengan beberapa tahun lalu sebelum terjadinya bom Bali serta kenaikan harga bahan bakar minyak. Omzet juga menurun, dari sekitar Rp 40 juta per bulan menjadi sekitar Rp 15 juta per bulan.

Meskipun demikian, berbagai kerajinan kayu lukis tersebut tetap banyak diminati dan masih mampu bertahan di pasar kerajinan. Motif yang unik dan tampak hidup serta tersedianya banyak pilihan membuat kayu lukis mempunyai keistimewaan tersendiri.

Apresiasi terhadap proses pengerjaan manual yang tidak mudah juga semakin menambah nilai kayu lukis. Tantangannya, kerajinan ini harus bisa tetap eksis di tengah membanjirnya produk China sejenis yang dijual dengan harga jauh lebih murah.
.
Continue Reading | komentar (3)

Jika Pria Lomba Lari Pakai Sepatu Ber'hak Tinggi

Rabu, 20 Mei 2009

Cewek pakai sepatu wanita berhak tinggi, itu dah biasa. Tapi kalo cowok normal pakai sepatu wanita berhak tinggi sambil lomba lari? Adapun para pria di Nanning, provinsi Guangxi, Cina ini diharuskan menggunakan sepatu wanita berhak tinggi yaitu minimal sekitar 8 cm jika ingin berpartisipasi dalam festival lari di Cina. Event itu sendiri diadakan 2 minggu dimana diperlombakan lari buat pria, wanita dan pasangan. Para pelari pria diharuskan memakai sepatu berhak minimal 8cm sedang untuk wanita minimal 10 cm. Seperti yang diberitakan Ananova.com, jubir untuk organizer acara tersebut mengatakan para pria yang ikutan lomba itu merasa berlari dengan sepatu yang gak biasa mereka pakai itu ternyata menyenangkan. “Tehknik mereka cukup mengagumkan, meski menggunakan sepatu tinggi, gak ada yang mengalami tumit yang sakit dan keseleo,” ujar si jubir. Dalam lomba itu para partisipan, yang berusia antara 18 hingga 55 tahun diharuskan lari bolak balik dilajur lomba yang memiliki panjang 20 meter sementara mereka juga harus melompati rintangan-rintangan. Masing-masing pemenang dalam setiap kategori mendapat hadiah yang bernilai sekitar 100 Poundsterling dan juga voucher belanja..
Continue Reading | komentar (6)

Sang Jutawan Ingin Meninggal Kere

Banyak orang ingin meninggalkan banyak harta ketika meninggal dunia untuk diwariskan, namun jutawan yang satu ini justru ingin meninggal tanpa uang satu peser pun.Seorang jutawan asal Northumberland, Inggris berencana menjual sebuah hotel miliknya senilai £16 juta untuk disumbangkan ke badan amal penyakit kanker setelah istri tercintanya berhasil selamat dari penyakit tersebut. Jutawan bernama Brian Burnie membeli hotel Doxford Hall, di Chathill dekat Alnwick tersebut pada tahun 1993 dan dalam beberapa tahun kemudian berhasil menyulap tempat etrsebut menjadi salah satu tempat retret paling ekslusif di wilayah North East. Namun hanya seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-65 sang jutawan tersebut berencana menjual hotel dan tempat spa tersebut yang luasnya mencapai 10 acre atau sekitar 4,646 hektar serta menyumbangkan hasil penjualannya untuk amal seperti dikutip dari Daily Telegraph. Brian Burnie punya niat khusus, "Ambisi saya adalah meninggal tanpa meninggalkan uang satu peserpun. Kita datang ke dunia tanpa membawa apa-apa dan seharusnya kita juga meninggalkannya tanpa membawa apa-apa," katanya. Burnie berencana menjual hotel miliknya tersebut dan pindah ke rumah yang lebih kecil bersama istrinya Shirley (60) yang berhasil sembuh dari serangan kanker payudara. Selain itu, uang hasil penjualan hotel tersebut akan disumbangkan kepada lembaga penelitian kanker bernama Marie Curie/Macmillan cancer nurse yang ada di wilayah Northumberland. Bukan itu saja, Burnie berniat menyumbangkan sebuah kendaraan ambulance yang akan mengangkut pasien kanker dari dan ke rumah sakit. "Saya ingin semua hal tersebut menjadi warisan saya kepada dunia ini. Akuntan pribadi saya berpikir saya telah gila. Dia mengatakan: 'Brian, anda mungkin orang berhati paling mulia di dunia'. Sayangnya hal tersebut berada di dalam stubuh sorang tua." Langkah Burnie tersebut bukannya tanpa maksud. Dia berharap usahanya tersebut akan diikuti oleh para jutawan dan pelaku bisnis top dunia lainnya. "Akan terlihat indah jika benihi jamur ini tumbuh di seluruh negara ini. Saya akan bahagia melihat orang lain mengikuti apa yang kami lakukan. Saya sangat berharap mereka melakukan seperti apa yang saya lakukan saat ini," katanya mengakhiri pembicaraan..
Continue Reading | komentar (5)

Nenek Obama Pun Nyaris DiMurtadkan

Minggu, 03 Mei 2009

Aksi pemurtadan terus mengancam umat Islam di berbagai belahan dunia. Biasanya, kalangan misionaris membidik umat Muslim yang berada di wilayah pelosok dan terpencil. Sabtu (18/4) lalu, sebuah gereja Protestan di Kenya–sebuah negara di Afrika Timur mencoba memurtadkan seorang nenek beragama Islam.

Nenek yang satu ini terbilang sangat istimewa. Ia adalah Sarah Obama (87), nenek tiri Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama. Akhir pekan lalu, Gereja Advent Hari Ketujuh yang terletak di sebelah barat Kota Kisumu mengundang Sarah Obama untuk hadir dalam sebuah pertemuan.

Ternyata dalam pertemuan itu, Sarah Obama yang sudah berusia lanjut ini diduga hendak dibaptis dan diminta untuk pindah agama. Menurut salah seorang kerabatnya di perkampungan Kogelo, kampung halaman ayah Obama, Mama Sarah terkejut mendapat undangan dari gereja itu.

Mengetahui dirinya bakal dibaptis, Mama Sarah pun menolak undangan dari Gereja Advent Hari Ketujuh. Said Obama, saudara tiri Presiden Obama, menuturkan, pastor gereja itu telah melakukan pendekatan kepada Mama Sarah. Menurut Said Obama, sang pastor menyatakan bahwa Mama Sarah bisa menjadi seorang Kristiani.

Upaya pemurtadan yang akan dilakukan terhadap Mama Sarah oleh Gereja Advent Hari Ketujuh itu menuai reaksi keras dari kalangan umat Islam di negara berpenduduk 32 juta jiwa itu. Betapa tidak, Sarah telah menjelma menjadi seorang selebritas di Kenya, sejak cucunya yang kini menjadi presiden Amerika Serikat mengunjunginya pada 2006.

Bahkan, setelah sang cucu terpilih sebagai presiden AS berkulit hitam pertama, kampung halaman dan rumahnya telah menjadi tempat wisata. Para wisatawan pun berbondong-bondong mengunjungi Kampung Kogelo. Bulan lalu, Pemerintah Kenya telah menjadikan kampung itu sebagai kawasan bersejarah yang dilindungi.

Majelis Ulama dan Imam Kenya mengecam rencana pemurtadan yang akan dilakukan Gereja Advent Hari Ketujuh terhadap Mama Sarah. Sekretaris Majelis Ulama dan Imam Kenya, Syekh Mohamed Khalifa, seperti dikutip kantor berita AFP, menilai upaya yang dilakukan pihak gereja itu sebagai bentuk provokasi.

“Saya menyesalkan upaya yang dilakukan pihak gereja yang memaksa Mama Sarah untuk berpindah agama,” papar Syekh Khalifa. ”Mengapa hanya dia? Mengapa hal itu tak dilakukan sebelum Obama menjadi presiden? Apakah mereka melihatnya sebelum cucunya menjadi presiden? Kami siap melindungi agama kami,” tutur Syekh Khalifa menegaskan.

Menurut dia, Mama Sarah terlahir sebagai seorang Muslim dan akan meninggal sebagai Muslim pula. ”Isu pemurtadan tak akan lagi terjadi di sini ataupun di sana,” ungkap Syekh Khalifa. Menurut Syekh Khalifa, tindakan gereja itu sebagai sebuah provokasi. ”Mereka tak memiliki izin dari Yesus untuk memurtadkan seseorang.” Syekh Khalifa pun menantang pihak gereja untuk menyebutkan ayat dalam Bible yang mengizinkan mereka untuk memurtadkan seseorang.

Keluarga ayah Presiden Obama di Kenya memang beragama Muslim. Tak heran, jika sekitar 11 persen rakyat Amerika Serikat (AS) masih menganggap Presiden yang benama lengkap Barack Husein Obama adalah seorang Muslim. Menurut hasil survei yang digelar Pew Research pada pertengahan Maret lalu, satu dari 10 penduduk negeri Paman Sam meyakini bahwa Obama sebagai pemeluk agama Islam.

Hasil survei yang melibatkan 1.308 responden itu sungguh menarik. Pasalnya, saat dilantik pada 20 Januari lalu, Obama disumpah dengan menggunakan Bible. Namun, publik AS masih berpikir bahwa Obama adalah seorang Muslim. Berdasarkan studi itu, satu dari lima penganut agama Protestan Evangelis meyakini bahwa Obama yang memiliki nama tengah bernuansa Islami itu sebagai seorang Muslim.

Yang lebih mencengangkan, 17 persen pendukung Partai Republik juga berpendapat bahwa presiden berkulit hitam pertama di AS itu juga sebagai penganut Islam. Hanya sekitar 38 persen dari penganut Protestan Evangelis dan 46 persen pendukung Partai Republik yang meyakini bahwa Obama sebagai pemeluk agama Kristen. Sementara itu, sebanyak 55 persen pendukung Partai Demokrat berpendapat, Obama penganut Kristen.”Tujuh persen pendukung Demokrat meyakini bahwa Obama seorang Muslim,” ungkap Pew Research dalam laporannya, seperti dikutip ABC News, beberapa waktu lalu. heri ruslan/taq
Continue Reading | komentar (20)

DiTemukan Bagian Mars Yang Bisa Dihuni

Phoenix Mars Lander NASA menemukan lokasi di planet merah yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Peneliti menyimpulkan daerah itu memiliki sumber daya yang bisa mendukung kehidupan

Phoenix yang diluncurkan pada 25 Mei 2008 didesain untuk mempelajari sejarah air dan potensi dukungan kehidupan di bagian kutub Mars yang kaya. Hingga kini wahana itu belum menemukan bukti planet merah memiliki kehidupan.

Namun peneliti mengatakan daerah pendaratan Phoenix memiliki bahan yang bisa mendukung kehidupan seperti yang kita ketahuai pada sat ini. Ilmuwan juga telah merilis bukti kontroversial adanya air di daerah pendaratan sebelumnya.

Peter Smith, principal investigator misi Phoenix di University of Arizona di Tucson mengatakan empat paper saat ini sedang direview untuk dipublikasikan menyangkut empat penemuan di misi itu.

Carol Stoker dari Ames Research Center NASA yang juga anggota tim peneliti mengatakan, potensi kehidupan tergantung tiga faktor, adanya air, sumber energi untuk biologi serta tersedianya blok bangunan kimia kehidupan biologi. Dalam hal ini temperatur dan aktifitas air harus cukup untuk mendukung pertumbuhan.

Stoker mengatakan lokasi pendaratan Phoenix terakhir, memiliki potensi besar kehidupan dibandingakan yang sebelumnya. Bahkan lapisan es yang ditemukan kemungkinan secara periodik mampu mendukung aktifitas biologi modern
.
Continue Reading | komentar (9)

Hari Bersepeda Tanpa Busana

Sabtu, 02 Mei 2009



aksi ini mendemonstrasikan anjuran bersepeda di jalanan untuk mencegah pemanasan global dan sekaligus protes terhadap penyalahgunaan minyak di bumi

"sekarang waktunya menghentikan kegiatan yg bersifat merusak lingkungan, n eksploitasi dari manusia terhadap planet bumi, terutama dari polusi" jelas partisipan dari chicago.

berdasarkan United Nations www.un.org, sekitar 50 tahun mendatang, kurang lebihnya sejuta species dari tumbuhan dan hewan segera akan menghilang dari muka bumi ini dikarenakan gas efek rumah kaca yg dilepaskan oleh asap kendaraan bermotor.

sudah Saatnya semua orang sadar bahwa global warming sudah mendekati taraf yg mencemaskan,." kata panitia penyelenggara " world naked bike ride".
.
Continue Reading | komentar (27)

Persaingan Perebutan Peringkat 5 Besar Di Top Seratus

Rabu, 29 April 2009


100 Blog Indonesia Terbaik
Ouu..Ouu..Ouu...
Ada ada yang heboh dan seru di Top Seratus.Com . Ternyata tanpa Saya sadari terjadi perebutan posisi peringkat 5 Besar Di Top Seratus.Com .

Ternyata yang megang posisi peringkat 2 sekarang adalah faisalardhy.blogspot.com Padahal setahu saya waktu itu yang megang posisi ke 2 adalah Bloger Orland . Mungkin begitu juga antara posisi 3 sampe 5 sekarang uda berbeda. Berarti sekarang lg panas-panasnya para Blogger sedang bersaing memperebutkan posisi tertinggi di Top Seratus.Com . Tapi saya salut pada Bloger M.A , sampe sekarang Masih Bloger M.A yang megang posisi Tertinggi di Top Seratus.Com . Pokonya Sukses aja Buat M.A .
Continue Reading | komentar (4)

Membuat Efek Foto Robek

Sabtu, 11 April 2009

Pertama ;

Pilih foto yang akan di edit.

Contoh Ni Foto First Love'ku . . . hehehe ;



Kedua ;

Agar hasil akhirnya nanti lebih bagus, buat layer backgroundnya dulu. Pilih menu > file > new. Dengan ukuran 1024 x 768 pixel.


Ketiga ;

Kita buat efek Pada layer background yg kita buat tadi. Jangan lupa hilangkan dulu icon gembok pada gambar dengan cara mengklik 2 kali layer background tersebut lalu Ok. Agar lebih jelas, liat contoh gambarnya ;


Keempat ;

Pilih efek backgroundnya pada kolom palette kedua dari atas, lalu pilih style.

Contoh ;



Kelima ;

Seleksi atau Potong foto menggunakan Lasso tool pada tool box.

Contoh ;


Keenam ;

Kita kembali ke Laptop…heheh map salah ^_^…maksunya kita kembali ke foto yg akan di edit. Setelah foto tersebut terseleksi untuk dipotong, tekan Ctrl + T. lalu pindahkan ke layer background yg tadi kita buat efeknya dengan menggunakan move tool pada tool box.

Contoh ;


Ketujuh ;

Kita Kembali lagi ke foto tadi. Sekarang pilih menu select > inverse lalu tekan Ctrl + T lagi Kemudian pindahkan lagi potongan foto yg satunya tersebut ke layer background tadi. maka jadinya seperti gambar di bawah ;



Kedelapan ;

Agar hasil fotonya lebih cool (keren) kita buat lagi efek bayangan pada foto tersebut. Pada kolom palette pilih potongan foto yg pertama. Setelah itu pillih add a layer style > drop shadow.

Contoh ;



Kesembilan ;

Pada layer style yg muncul atur distance’nya menjadi 10 px atau aturlah sesuai keinginan anda lalu Ok.

Contoh ;




Kesepuluh ;

Ulangi lankah kedelapan dan sembilan. Sehingga hasil gambarnya kira2 seperti ini ;



Langkah terakhir ;

Agar hasil editan sempurna, tambahkan saja beberapa tulisan menggunakan horizontal type tool pada tool box. Maka hasil akhirnya kira2 seperti di bawah ;


SELAMAT MENCOBA

Continue Reading | komentar (10)

Aneh!! Bocah Tak Bisa Tidur Jika Tak Dibelit Python

Rabu, 25 Maret 2009

Ada banyak orangtua memberi anak-anaknya binatang piaraan, namun rasanya tak terpikirkan kalau ada orangtua justru memberi ular python sebagai binatang piaraannya. Sungguh tak habis pikir rasanya! Ini terjadi sebuah desa provinsi Kandal, Kamboja, di mana orangtua memberi anaknya ular sebagai teman bermain.
Khuorn Sam Ol memberi hadiah ular pada anaknya, Uorn Sambath saat ia masih belajar merangkak, usia 3 bulan. Ketika itu python pun belum besar, usianya kira-kira tak jauh beda dengan umur Uorn.
"Saya memberi ular itu untuk menemaninya. Ternyata mereka akrab dan sering bermain bersama, " ungkap sang ayah, Khuorn yang menyebut ular itu selalu menemani anaknya tidur sebab Uorn menolak tidur tanpa python dalam dekapannya.
Kini usia Uorn mencapai 7 tahun, tapi python pada usia yang sama telah tumbuh menjadi ular raksasa dengan tubuh yang jelas jauh lebih besar dari Uorn. Panjang ular itu 5 meter dengan berat 220 pon. Sungguh mengerikan!! Tapi tidak demikian dengan Uorn yang terlihat sering memeluk binatang melata itu bahkan menepuk-nepuk badannya dengan bedak. "Seolah ada ikatan istimewa di antara mereka," ungkap Khuorn.
REINKARNASI
Hubungan yang unik dan aneh itu, kemundian di artikan lain oleh para tetangga Khuorn yang masih menganut kepercayaan leluhur. Mereka beranggapan ular tersebut merupakan penjelmaan atau reinkarnasi dari pasangan Uorn di kehidupan lain. Itulah sebabnya mereka begitu dekat dan seolah memiliki ikatan batin.
"Orang-orang menyebut bocah itu dan ularnya sebagai ‘suami--istri'. Ini mungkin saja terjadi pada kehidupan mereka sebelumnya. Mungkin mereka pasangan jiwa pada kehidupan sebelumnya." Kata Cheng Raem, seorang tetangga.
Adanya ‘hubungan istimewa' itu juga bisa jadi telah ditangkap orangtua Uorn sehingga mereka tidak khawatir meninggalkan anaknya bersama python tanpa pengawasan.
MISTERI PHYTON CHAMROEUN
Bagaimana ceritanya sampai Khuorn Sam Ol member anaknya ular???
Ini memang agak tidak biasa, bahkan bisa dibilang ‘berselimut' misteri. Ceritanya begini, suatu ketika ibu Uorn, Kim Kannara, menemukan ular kecil yang bergulung di atas tikar di tempat tidur mereka. Khuorn Sam kaget namun tidak lantas membunuh ular itu, melainkan diambilnya kemudian di bawa ke semak-semak di samping sungai. Di sanalah ular itu dilepas.
Anehnya, dua minggu kemudian, ular tersebut telah ada kembali di dalam rumah. Entah mendapat firasat apa, tapi Khuorn pun memutuskan memelihara ular kecil itu yang dimudian diberi nama "Chamroeun" yang berarti Kemajuan dalam bahasa Inggris. Chamroeun pun diberikan pada Uoern sebagai temannya.
Ular bertambah besar dan mengundang perhatian masyarakat. Pengelola kebun binatang juga polisi telah berkali kali datang ke rumah Khuorn dengan maksud mengambil ular tersebut untuk dimasukkan ke kebun binatang. Namun mereka mengalah setelah melihat Uorn keakraban Uorn dengan ular itu.
Petugas margasatwa maupun polisi tidak tega melihat bocah itu selalu memeluk erat ularnya.
"Saya tidak akan membiarkan siapa saja mengambilnya dari saya, " tegas bocah laki-laki itu sembari menciumi kepala binatang piarannya. "Saya sangat menyayanginya (ular)" tambahnya.
Yang terjadi kini, Uorn yang dijuluki Snake Boy bersama ‘kawannya kawannya kerap menggelar atraksi untuk wisatawan di Setbo, 12 mil dari sebelah selatan Phnom Penh. (matabumi)
Continue Reading | komentar (2)

4 Bulan Mati, Zach Bangun Lagi

Selasa, 24 Maret 2009

SEJAK 19 November 2007 otak Zach Dunlap sudah dinyatakan mati oleh dokter. Sejak itu pula keluarganya masih berharap ada kesembuhan buat pemuda 21 tahun itu yang cedera akibat kecelakaan saat mengendarai kendaraan serba guna.

Namun, empat bulan berlalu harapan itu tak menunjukkan hasil. Zach masih saja tergolek tak bergerak di kamar perawatan rumah sakit United Regional Healthcare System di Kota Wichita Falls, Texas, AS. Keluarganya pun akhirnya angkat tangan, dan mengizinkan dokter mengambil beberapa organ tubuh pemuda itu untuk didonorkan.

Saatnya pun tiba. Setelah semua anggota keluarga memberikan doa terakhir untuk Zach, tubuh pemuda itu dibawa ke ruang bedah. Ketika dokter menggoreskan pisau bedah di kakinya, tiba-tiba tubuh Zach bereaksi! Ternyata ia masih hidup.

Setelah kejadian itu, ia hanya butuh waktu dua hari tinggal di rumah sakit untuk menjalani perawatan tambahan, dan setelah itu ia diizinkan pulang.

Zach bersama ibu dan ayahnya berada di New York, tampil dalam acara tayangan pagi NBC “Today”, Senin tadi.

Dalam tayangan itu, Zach mengaku sama sekali tidak ingat apa pun saat kecelakaan terjadi. Dan selama di rumah sakit, satu saja yang ia ingat adalah ucapan dokter yang menyatakan ia telah mati. Selebihnya, ia tidak ingat apa pun.

Ayahnya, Doug Dunlap mengaku, tim dokter sudah menunjukkan bukti rekaman pemindaian atas otak anaknya itu. “Tidak ada gerakan apa pun di otaknya. Tidak ada darah yang mengalir sama sekali di situ,” katanya.

Meski sudah boleh tinggal di rumah, tapi Zach masih harus menjalani perawatan untuk memulihkan cedera otaknya. Mungkin masih butuh waktu satu tahun lagi.

Yang pasti, pisau bedah yang membangunkan dia dari “tidur” panjangnya itu telah menjadi miliknya.
Continue Reading | komentar (4)

Thailand Larang Bikin Waria Instan

PEMERINTAH Thailand bertindak keras terhadap praktek “pembuatan” perempuan dari lelaki alias waria, secara instan. Maklum, tren operasi instan itu dinilai sudah memprihatinkan.

Perubahan dari lelaki ke perempuan cukup dilakukan dengan mencopot testis. Dari segi medis tindakan ini dikategorikan sebagai operasi ringan atau kosmetik yang butuh waktu pengerjaan cuma 15-20 menit. Murah pula biayanya.

Praktek medis ini banyak dilakukan klinik-klinik swasta. Itu pula sebab yang pendorong kian tinggi populasi waria di negeri Gajah Putih tersebut.

Departemen Kesehatan, Rabu, mengeluarkan surat edaran kepada sekitar 16.000 klinik swasta di seluruh negeri yang isinya adalah memperingatkan bahwa tindakan tersebut melanggar hukum. Sesuai dengan peraturan, perubahan kelamin yang sah harus melalui terapi yang mendalam menyangkut aspek fisik dan mental pasien. Nah, para dokter yang menjalankan praktek perubahan kelamin instan itu bisa kena ganjar 6 bulan penjara.

Namun, seorang pejabat tinggi Depkes, Tara Chinakarn, mengakui sulit sekali untuk mengefektifkan larangan tersebut. Pasalnya, operasi semacam itu bisa dilakukan secara cepat, dan secara rahasia. (Reuters)
Continue Reading | komentar (2)

“Nyolong” Gitar, Sembunyikan dalam Celana

LEWISTON, MAINE, KAMIS - Nggak kira-kira! Itulah kata yang paling pas untuk aksi yang dilakukan sekelompok pemuda yang mengutil gitar listrik dari sebuah toko di Lewiston, Maine, AS. Pasalnya, gitar yang besar itu disembunyikannya di balik celana. Tapi toh mereka berhasil!

Pihak polisi, Kamis (3/4) mengatakan, pencurian itu terjadi minggu lalu, dan saat ini ada tiga orang yang diburu. Salah satu dari mereka menyembunyikan gitar mahal Fender Stratocaster di dalam celana, dan menyelubunginya dengan baju hangatnya pada bagian atas. Sementara dua lainnya berlagak seperti oranga yang akan membeli, guna memecah perhatian pramuniaga.

Ketiga pemuda itu terlihat jelas dalam rekaman CCTV yang dimiliki toko tersebut. Anehnya, modus yang sama pernah terjadi di toko itu pada tahun 2006 lalu. Namun pelaku langsung tertangkap saat akan meninggalkan toko.
Continue Reading | komentar (2)

(Kuliner) Sup Kepiting

Minggu, 22 Maret 2009








Sup kepiting kuah bening, lezat menyegarkan dan mudah dibuatnya.









Bahan:
  • 3 ekor kepiting, bersihkan
  • 5 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdm lada
  • 2 cm jahe
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 2 btg daun bawang, potong 1 cm
  • 2 btg seledri
  • 6 btg serai, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1 ltr air


Cara membuat:
  1. Rebus air sampai mendidih.
  2. Masukkan kepiting, masak sampai kepiting berubah warna.
  3. Angkat, buang kotoran kepiting, sikat bersih tempurungnya.
  4. Potong-potong badan kepiting.
  5. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada, dan jahe.
  6. Rebus 1 ltr air sampai mendidih.
  7. Masukkan bumbu halus, lengkuas, dan serai.
  8. Masukkan kepiting, tambahkan garam, daun bawang, dan seledri.
  9. Masak sampai semua bahan matang.
SELAMAT MENCOBA, DAN
MA'NYOS...
Continue Reading | komentar (3)

(Kuliner) Tuna Sayuran Gulug Daging





Ikan tuna yang gurih kenyal, dipadu dengan sayuran yang renyah segar. Keduanya dibalut irisan daging dengan sedikit lemak lalu dimasak dengan bumbu. Rasanya? Hmmm...tentu saja jadi gurih, renyah dan enak apalagi bawang putih sangat dominan dalam bumbunya.







Bahan:
  • 6 potong daging ikan tuna ukuran 8x1x1 cm
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam
  • 50 g wortel, iris halus panjang
  • 50 g paprika hijau, iris kecil panjang
  • 6 lembar beef bacon

Bumbu:
  • 1 sdm minyak sayur
  • 3 sdm kaldu
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Cara membuat:
  1. Lumuri potongan ikan tuna dengan air jeruk dan garam. Sisihkan.
  2. Ambil selembar beef bacon, taruh di ujung salah satu sisinya; sepotong ikan tuna dan wortel serta paprika.
  3. Gulung hingga padat dan rapi, jika perlu semat dengan lidi.
  4. Masukkan bumbu dalam wajan, panaskan.
  5. Masukkan gulungan ikan dalam wajan.
  6. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan matang.
  7. Angkat, sajikan hangat.
SELAMAT MENCOBA, DAN
MA'NYUS...
Continue Reading | komentar (2)

Pohon unik, sesosok wanita memanjat

Sebatang pohon 100 tahun berbentuk unik. Bukan foto rekayasa.

Blog Berita mengambil gambar pohon ini dari website media Daily Local, Amerika Serikat, yang difoto oleh Larry McDevitt di West Chester. Pohon tersebut sudah ada di taman Everhart Park, West Chester, sejak sekitar tahun 1905.

Pada bagian tengah batang pohon terlihat bentuk yang menyerupai seorang perempuan berdiri menghadap ke arah dalam pohon, membelakangi orang-orang, dengan kaki kiri terangkat, tangan kirinya menggapai dahan, dan tangan kanannya memeluk pohon.

Kathleen Keane untuk Daily Local menulis, sepasang suami-isteri, Tom and Carolyn, selalu takjub melihat pohon itu, begitu juga dengan warga lain di sana. Orangtua Tom pun sudah sejak lama senang menatap pohon tersebut. Tom dan isterinya bahkan sampai merenovasi ruangan dapur rumah supaya mereka bisa dengan bebas melihat ke arah pohon.

Pohon ini sudah berusia 100 tahun lebih dan diperkirakan akan segera mati. Keluarga Tom merasa bersedih mengetahuinya.

Jarar Siahaan: Waktu SD di Balige, Kabupaten Toba Samosir, sepulang sekolah aku dan teman-temanku sering singgah untuk bermain pada dua batang pohon yang menurutku juga unik. Kedua pohon itu kami sebut sebagai penjelmaan seorang lelaki dan seorang perempuan. Kala itu aku dan teman-temanku sangat percaya bahwa dulunya sepasang kekasih bercinta-cintaan di sana.

Pohon yang kami sebut sebagai pohon cewek memiliki banyak ranting. Mungkin puluhan rantingnya, panjang-panjang menjulur ke tanah, dan itulah yang kami sebut sebagai rambut sang perempuan. Kami sering menggantungkan diri pada ranting itu lalu berayun-ayun seperti Tarzan. Sedangkan yang kami sebut sebagai pohon cowok, kalau aku tidak lupa, hanya memiliki dua ranting yang menjulur ke tanah, tapi bentuknya lebih besar dan kokoh. Sudah lama kedua pohon itu mati.

Continue Reading | komentar (7)

Membuat Bayangan Pada Text

Sabtu, 07 Maret 2009

Pertama ;

Buat Layer Baru Dengan Ukuran Minimal 640x480 Pixel.

Pilih Menu File > New


Ke’dua ;

Pilih Horizontal Type Tool Pada Tool Box Lalu Buat Text Apa Saja Pada Layer.

Lihat Contoh ;



Ke’tiga ;

Pada Kolom Palette Buat Duplikat Text Tersebut Dengan Meng’klik Kanan Lalu Pilih Duplicate Layer.

Lihat Contoh ;


Ke’empat ;

Tekan Ctrl + T Lalu Buat Agar Textnya Yang Di Duplikat Tadi Menjadi Terbalik.

Lihat Contoh ;


Ke’lima ;

Pada Kolom Palette Pilih Add a layer style > Blending options…

Lihat contoh ;


Ke’enam ;

Pada Tampilan Layer Style Yg Muncul Pilih Gradient Overlay Dan Atur Setingannya Seperti Contoh ;


Ke’tujuh ;

Pada Kolom Palette Atur Opacity’nya Menjadi 50%.

Dan Hasilnya Kira-kira Seperti Gambar Di Bawah


SELAMAT MENCOBA

Continue Reading | komentar (3)

Rela Lelang Lukisan Demi Bantu PALESTINA, Sehingga Dapat MURI

Minggu, 01 Maret 2009

Kekejaman dan kekerasan yang telah menewaskan ribuan warga Palestina membuat haru dan prihatin seluruh warga di penjuru dunia, termasuk merasa iba bagi beberapa kalangan seniman.

Salah satunya, seperti dilakukan pelukis ternama asal Garut Iwan Ridwan (40). Dia menggelar lelang beberapa lukisan di depan gedung KNPI Jalan Ahmad Yani Kabupaten Garut, Selasa (13/1/2009).

Pelukis yang pernah mendapatkan penghargaan rekor Muri 2005 lalu itu mengaku rela melelang semua karya lukisan-nya untuk membantu warga Palestina yang kini terkena kekejaman perang Palestina.

Sebelum melakukan lelang, Iwan mencoba menorehkan koas kecil dengan menggambar salah tokoh Hamas, Syekh Ahmed Yasin dengan bahan cat arkrilik warna hitam dan putih yang di gambar diatas kanvas ukuran 1 meter x 80 sentimeter.

Sontak, warga yang melewati jalan tersebut mengaku kagum dan kaget, melihat aksi yang dilakukan Iwan itu benar-benar cukup unik dan berbeda, dibanding yang lainnya yang melakukan aksi demo. Selain itu, dilokasi pun terpampang tulisan, "Lelang Lukisan Buat Kemanusaiaan Palestina."

Hanya dengan hitungan waktu 25 menit, lukisan wajah tokoh pendiri Hamas itu mampu diselesaikan secara apik dan rapih oleh pemilik galeri Aster yang berada di Gang Cempaka No 341 B, RT 05/RW 04 Jalan Guntur Melati Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut itu. Rencanaya lukisan syekh tersebut akan dilelang Rp15 juta.

Selain lukisan Syekh Yasin, tujuh lukisan karya Iwan lainya yang dipampang di teras gedung KNPI Garut akan dilelang. Di antaranya, lukisan Hendri Dunant, Florens Nothing Angel, Pati Bayumas, dan tiga buah lukisan terkecil yang telah mendapatkan penghargaan rekor Muri tahun lalu, seperti gambar wajah Bung Karno 10mm x 20mm, wajah mantan presiden Soeharto ukuran 8mm x 12mm, dan lukisan Aa Gym 20mm x 25 mm, semua lukisan tersebut telah ditaksir mencapai Rp60 juta.

"Jumlah uang dari hasil lelang lukisan ini, akan saya sumbangkan melalui rekening Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta, untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina yang kini sedang menghadapi kekejaman perang Israel," ucap Iwan..

Menurut Iwan, dirinya mengaku berat menjual hasil karya-karya lukisan itu, tapi kalau berbicara tentang persaudaraan, yang kini sedang dilanda musibah kekejaman dan kezaliman peperangan, ia rela menjual semua karya lukisan kesayangan-nya.

Padahal, lukisan yang mendapatkan rekor Muri tersebut banyak yang menawar dari beberapa kalangan pengusaha dan seniman. Namun, lukisan ini tak ada niat akan di jual.

"Kalau boleh dikata, saya akui merasa berat menjual semua karya lukisan ini. Apalagi lukisan gambar wajah ukuran kecil itu, karena lukisan itu merupakan karya saya yang paling dibanggakan. Saya akui apakah masih mampu membuat lukisan kecil itu, kemungkinan besar saya tidak akan mampu membuat gambar wajah kecil itu, namun saya rela jual untuk mereka saudara kita di Palestina," terang Iwan.

Kegiatan lelang lukisan tersebut akan digelar selama dua hari 13 hingga 14 Januari. Terlihat, lelang pertama digelar, lukisan tersebut belum ada satupun yang membeli.

Namun, beberapa warga yang datang dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat berdatangan ingin melihat lukisan. "Saya rela semua uang hasil lelang lukisan ini, akan disumbangkan semua untuk membantu warga Palestina," pungkasnya.

Continue Reading | komentar (5)

Yohannes Bridgal, Tiga Kali Terima Penghargaan MURI

Kapanlagi.com - Kreatifitas Yohannes dalam pembuatan gaun pengantin dari barang yang tak terpakai menjadi sebuah gaun yang indah serta glamour, nampaknya tak pernah berhenti, Setelah dua kali menerima penghargaan MURI dengan karya spektakulernya, kini pria bernama asli Kho Bun An itu kembali menerima penghargaan MURI untuk yang ketiga kalinya.

"Untuk yang ketiga kalinya Yohannes Bridal menerima penghargaan MURI dengan kategori kolektor gaun pengantin unik dengan aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 18 aplikasi," terang Paulus Pangkah, wakil dari MURI, setelah menyerahkan penghargaan MURI kepada Yohannes di Mall Taman Anggrek, Sabtu (29/04).

Seperti kita ketahui pada rekor MURI yang pertama, Yohannes batang korek api, sumpit, sedotan, kuaci, karet tutup botol dan paper clip untuk membuat gaun pengantin yang unik serta spektakuler. Dan untuk rekor yang kedua, pria yang kini berusia 51 tahun ini membuat gaun pengantin dengan menggunakan sapu lidi, kepingan cd, biji buah kedondong, tulang ikan, krupuk dan jagung.

Sedang untuk penghargaan MURI yang ketiga ini, Yohannes gaun dari aplikasi krupuk, serutan kayu, kulit biji salak, tanduk, biji buah asem dan terakhir adalah biji buah mahoni.

"Waktu aku jalan jalan di Sukabumi, aku melihat banyak pohon mahoni dan aku meminta untuk mengumpulkan bijinya untuk di jadikan gaun spektakuler," tutur Yohannes selalu mendapat ide ketika lagi jalan-jalan.

Nampaknya, kreatifitas pria kelahiran Tegal ini tak akan padam dan terus menyala, apalagi dirinya berambisi untuk bisa terdaftar di 'Guiness Book Of Record'. Dukungan dari Jaya Suprana pun membuat pria lajang ini menjadi lebih termotivasi.

"Saya disemanagati Jaya Suprana, kalau kreatifitas yang positif dan berhubungan dengan karya seni jangan dihentikan, terus berkarya dan berkarya. Dan apabila aku mendapat MURI yang ke empat, akan didaftarkan ke 'Guiness Book Of Record," ungkap Yohannes penuh semangat.

Untuk mewujudkan MURI yang keempat pada bulan Juli mendatang, pria berkacamata yang pernah mengenyam pendidikan di negara Kanguru ini akan menyiapkan gaun dari sisik ikan.

"Kalau tidak ada aral melintang, bulan Juli akan membuat gaun dari sisik ikan, sisik ikan apa saja asal ikannya besar," pungkasnya
Continue Reading | komentar (2)

Daftar Artikel Terbaru

Artikel Populer

Komentar Terbaru

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. THE TACITURN "ISWANDY ILYAS" - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger